By inimare

Di negeri ini (yang pasti bukan repoblik mimpi) jujur buanyak orang yang berpandangan ataupun berperilaku SOEKARNOISME / SOEHARTOISME entah apa karena budaya Jawanisme yang kental atau apa. Ndak usah jauh – jauh contoh paling kongkrit ya Si Mbah “MAE”ku ama Si Buapakku lan Si Bune’. Nenekku sang Soekarnoisme sedang “Bonyok” pendukung Soehartoisme.

  Aq gimana????. Untung gak niru keduanya,karena sejak kecil Kutu buku aq jadi nemuin buanyak pahlawan yang lebih dari keduanya dari buku – buku bekas yang aq baca termasuk warisan buku yang tidak diperkenankan untuk dibaca atau diterbitkan jaman Pak Harto. Merekalah yang terus memberiku semangat dalam menjalani dan menyikapi segala perubahan sampai hari ini. 

Pemimpin itu manusia biasa, kitab suciku juga melarang melakukan penghormatan yang berlebihan kepada pemimpin(itu sebabnya kenapa di tanah arab sendiri segala sesuatu yang menjurus pada pemujaan yang berlebihan di musnahkan), karena dikhawatirkan jika pemimpin melakukan kesalahan tak ada yang berani menegur, mengkritik ataupun memberi nasihat sehingga seakan mengkultuskan mereka melebihi Nabi Muhammad swt , sang rosul penutup ataupun menduakan Allah swt sang maha pencipta manusia.

hbix.jpg 

1. Sri Sultan Hamengku Buono IX.

    Maap neh soal data-data kepemimpinan dan lainnya bisa dilihat dimedia massa manapun di negeri ini.Bukannya males tapi karena saking banyaknya ‘jejak beliau’ di media massa Nusantara( sorri aq lebih suka pake nama ini dari pada Indonesia) dan luar aq bingung sendiri mau milih yang mana. Tapi yang jelas karena beliaulah aq jadi cenderung ikutan menganggap(nanggepin) segala yang dilakukan Raja-Ratu Jogyakarta daripada Presiden-presiden negeri ini. Dulu bahkan aq menganggap “siapapun Presidennya, Raja – Ratu Jogya tetap utama. Tapi itu dulu, setelah beberapa taun terus belajar arti “my holly” , hadis sahih Rosul serta pakai sisi rasiolitas (Lho ???) aq ahirnya berhasil menempatkan beliau sebagai pemimpin yang patut diperhitungkan melebihi Presiden-presiden negara ini yang masih memiliki sisi manusia beragama yang sewajarnya.????

           Kisruh keraton Mangkunegaran Solo beberapa tahun terahir semakin mengukuhkan stigmaku pada segala keturunan Hamengku Buwono sebagai pemimpin ningrat yang mampu bersikap sewajarnya selayaknya manusia yang tulus mengapdi kepada negara,rakyat dan agamanya tanpa pamrih apapun yang seharusnya bisa menjadi Presiden negara ini. Tapi tetep klo ada crito-crito yang berbau klenik mengenai keluarga Hamengku Buwono aq ya teteup gak percaya.    

sk_trimurti.jpg 

     2. S.K Trimurti

 Si Embah yang satu ini baru aq temuin dan mulai baca artikelnya di majalah Femina saat aq kelas 5 SD (yach kiro-kiro tahun 1993-1994). Majalah itu diwakafkan Eyang putri (dari pihak Bapakku). Wah aq gak pernah bosen ngebaca artikel ama biografinya sampe ibune ngamuk – ngamuk karena aq ora ndang ngeresiki omah. Tapi jujur, waktu sekolah SD nasipku idom sama anak SD Impres se Indonesia Raya dan senasib sepenanggungan ama Anak-anak SD yang sekarang lagi booming bunuh diri (yach semacam hoopless lah)

Tapi beneran membaca kisah hidupnya membuatku sadar bahwa apa yang terjadi padaku gak ada pa-apanya bila di banding ama Beliau (S.K Trimurti pernah hampir mati saat hamil anaknya di dalam kereta Kamp Nippon,kyaknya aq gak usah cerita deh tentang masa penjajahan Nipon dimana-mana ceritanya sudah beredar cari sendiri yach ;>). Apapun yang terjadi padamu saat ini the show must go on, hadapi semua tantangan yang menghadapimu,sak enggake itulah yang aq tangkap dari artikel beliau (itu saat aq seumuran anak SD Lho). Tapi beneran kisah hidupnya terus mempengaruhi semangat belajarku hingga lulus SD ama SMP (yach masio nilaine jare wong2 pas-pasan) sing penting PD (ciee).

 Bung Hatta

3. Bung Hatta

Sayangnya aq lulus pas reformasi tahun 1998, gak usah aq ceritaain gimana kisah reformasi di tempatku yah paling enggak idam ama tempat lain se Indonesia Raya. Buatku peristiwa itu amat sangat menyakitkan, kenapa karena:

1. Aq gak bisa ke Yogyakarta ????.Lha opo hubungane, sebagai Arek Ndeso yang enggak pernak pergi ke mana-mana kecuali sak Uplekan Jawa Timuran Joyga adalah tempat terjauh yang akan aq singgahi, kota yang aq impikan (karena ngefans ama HBW IX) sedari SD.Aq sudah menyusun sejumlah rencana terindah untuk berlibur ama konco-koncoku ahirnya harus ilang lebih tepatnya harus digagalken karena kondisi yang amat sangat tidak kondusif. Anda-anda semua juga pasti tau gimana klo semua yang diimpikan ama direncanain  sejak lama harus hilang.

2. Harga sembako naik sampe aq harus ikutan ndesel-ndeselan ama orang-orang se kecamatan untuk beli minyak goreng murah dan berkualitas di pasar.Untuk pertama kalinya aq juga liat bahwa orang- orang keturunan itu gak semuanya kaya banyak juga yang senasib dan seagama.Terus biaya pendidikan muahalnya minta ampun dan karena peristiwa DARMAWISATA ke Jogya dihilangkan sementara semua biaya (tabungan)perjalanan  dikembalikan maka aq masukin ke anggaran beli “PERNAK-PERNIK ” sekolah baru (SMA).

3.Pertama kalinya (sejak dapat pencerahan) aq depresi lagi dan, shockatas  segala “ATRIBUT” SMU.Kenapa karena aq merasa tertampar akan jauhnya kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah yang mungkin selama ini tak pernah terpikirkan selama ini,sistim plonco yang sok militerisme ama senioritas trus lebih parah lagi ama gak bisanya aq mengikuti semua mata pelajaran. Wehhh, aq merasa sebagai murid terbodoh se SMU (ini bukan hiperbola tapi beneran gak percaya liat aja ama nilai raportku).Gak tau kenapa sulit sekali buatku menangkap ama mencerna semua materi pelajaran.

4. Saat masa ini juga aq terus- terusan mupeng ama semua barang-barang bagus, prestasi yang bagus, fisik yang bagus ama sikap yang”Bagus”.Bahkan saking mupengnya aq pernah hampir ngembat uang SPP lho.

Artikel mengenai kesederhanaan Bung Hatta aq baca saat iseng baca-baca koran bungkus beli cabe di pasar. Artikel itu menarik karena ternyata Bung Hatta juga gak hebat-hebat amat(gak mesti punya barang bagus).Artikel itu bilang klo Bung Hatta pernah Mupeng BGT ama sepasang sepatu olah raga , sebenarnya bisa aja beliau bilang ama si pemilik toko klo tu sepatu ingin di ambilnya (Namanya juga mantan Wapres Pertama NKRI) dan bisa saja si pemilik toko menyerahkan dengan sukarela. Tapi beliau tidak melakukannya karena pingin beli dari hasil keringat sendiri.Ahirnya Bung Hatta mencari gambar-gambar mengenai sepatu itu, di kliping dan sering diliatin aja.

Ini membuatku jadi nangis betapa aq merasa sebagai orang yang paling jahat sedunia ama kedua ortuku klo aq begitu memaksakan pingin beli sesuatu yang sebenarnya hanya buat gaya-gayaan doang. Aq pun mencoba menerapkan apa yang beliau lakuin awalnya emang gak mudah apalagi kemudian aq “kebetulan ” lolos UMPTN trus kuliah dan lulus. Aq mencoba untuk gak maksa minta ini itu ama bonyok karena terus belajar sederhana seperti Bung Hatta.

Dia juga tipe laki-laki ideal buat jadi suami, kenapa?? Karena dia hanya punya istri 1 seumur hidup, gak segan menjadi Bapak Rumah Tangga buat ngerumat anake’.

bung Tomo

4. Bung Tomo

Berangkat cari kerjaan ama makan di Cikarang terus balik kucing ke Jember itu siklus hidup selajutnya.Bung Tomo lama aq tau nasib beliau gak sedamai Pak Hatta ataupun pahlawan lain seangkatan beliau sejak SMU. Keluar masuk penjara pada dua masa pemerintahan “Presiden”, gak ada pengakuan gelar kepahlawanan berdasarkan SK(gak kayak Bu Tien), gak ada uang pensiun padahal beliau itu mantan “pejabat”di era kedua presiden tersebut terus berjuang untuk kelangsungan hudup anak-bini meskin “badai” mengganggu.

Kerasnya hidup di “nagari orang” membuatku terus berpikir mengenai idealisme kemanusiaan dan kemapanan hidup. Apa artinya punya duit banyak klo di depan mata ada orang yang lebih memerlukan sedang sekarat sedangkan kita gak mau nolongin dengan beragam alasan pembenaran atas sikap kita, apa artinya pendidikan tinggi klo gak bisa memandang beragam perbedaan sesama “manusia”, apa artinya agama serta berbagai pengalaman, training , serta pendidikan yang selama ini kita ikuti kalau kita diam aja melihat kesulitan orang lain ataulah kita terus mau menjadi “robot” orang lain yang tanpa di sadari menghilangkan dan mempengaruhi kepribadian qita ?.Segalanya di tutupi atas nama gengsi , sok , kufur , sok sempurna , sok perfect, sok “modern” dan sok-sok an yang lain.

Sampai kapan kita terus membohongi hari nurani(cieee) klo qita itu butuh membantu orang lain, terus mencari alasan pembenar bahwa apa yang kita lakukan sudah benar menurut prosedur tanpa berpikir ulang siapa yang membuat prosedur, apa tujuan dan dampaknya untuk si pemakai, ataulah terus melakukan ritual “agama ” tanpa tau maknanya dan fungsinya?.

Ibuku pernah sampai marah karena aq tidak mendukung pe”nobatan” Pak Harto menjadi pahlawan nasional karena aq bilang lebih baik dahulukan pahlwan lain yang jauh lebih berhak dari Pak Harto.Ya Bung Tomo yang tak kenal lelah terus memperjuangkan idealisme kemanusiaan dan kebenaran berdasarkan Agama yang dianutnya dan tentu saja nuraninya sebagai manusia yang terus dikalahkan karena kepentingan gengsi dan sok itu yang harusnya mendapatkan lebih dahulu gelar Pahlawan Nasional  dari pada Pak Harto.

 


3 Responses to “My Inspiration”


  1. 1 rendy
    Maret 9, 2009 pukul 12:07 pm

    tolong buat situs web yang bagus donk & tolong buat tanggal lahir para pahlawan yang bener jangan bikin sesuai cerita u,kalo mau situs u di liat or d pergunakan sama orang u u buat dong yang bermutu & kualitas…

    • Maret 10, 2009 pukul 10:03 am

      Olaaa rendyy, makasih yaa atas saran2nya.
      Aq emang gak bisa dan masih belajar buat situs web. Klo rendy lebih ahli mungkin yaa aq boleh donk belajar dan minta ajarin bikin web yang baguss. Maksih ^_^

  2. 3 rendy
    Maret 9, 2009 pukul 12:10 pm

    tolong buat situs web yang bagus donk & tolong buat tanggal lahir para pahlawan yang bener jangan bikin sesuai cerita u,kalo mau situs u di liat or d pergunakan sama orang u u buat dong yang bermutu & kualitas…& tunjuki kalo diri u tuh sebagai anak bangsa…!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Web ini

Ini web pertama sejak awal Februari 2008, rencananya sih buat numplekin segala isi otak(pikiran) dan mata (visual) tapi karena ada beberapa kejadian yang membuat blogger di stop bahkan pengelolanya dipenjara membuat aq mikir cari jalan lain supaya teteup exsist.Yach namanya juga manusia (maap neh aq bukan penganut teori Evolusi yang menyatakan bahwa manusia adalah soudara sedarah ama "Kethek" jadi bagi yang masih menganggap dirinya "Homo sapiens" buruan out aja!) yang merupakan mahluk Allah paling sempurna wajar aja lah klo web ini juga punya sifat-sifat itu He ^_^
Juli 2017
S S R K J S M
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 19,380 hits

Klik tertinggi

  • Tidak ada

%d blogger menyukai ini: